Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Menggunakan "Pohon Matematika"

Media pembelajaran pohon matematika ini kudapatkan dari Bp. Subanji salah satu dosen Matematika UM  yang beliau sajikan pada tahun 2007 dalam seminar nasional di Makasar (sebagai keynote speaker). Pembelajaran dengan media Pohon matematika ini diawali dari keprihatinan melihat pembelajaran yang banyak memberi soal kepada siswa dan siswa diminta untuk mencari jawaban soal tersebut.


Gagasan awal pohon matematika adalah membalik kebiasaan tersebut, yakni guru memberikan suatu jawaban, dan siswa diminta untuk menyusun soal yang jawabannya sudah diberikan. Pada tahapan berikutnya orientasi pembelajaran dengan media pohon matematika diarahkan untuk membangun kemampuan bernalar siswa. Sangat banyak penalaran siswa yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran ini. Sampai saat ini sudah banyak skripsi yang meneliti efektifitas pembelajaran menggunakan media pohon matematika ini.


Dan ternyata setelah saya coba pada murid saya hasilnya luar biasa, anak-anak sangat tertantang dan rata-rata mereka senang karena dia dapat BEBAS membuat pertanyaan dari jawaban yang diberikan guru. Saya juga mencoba pada pelajaran yang lainnya ternyata hasilnya sama.




Sekedar catatan, siswa diminta membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk mengisi daun-daun pada pohon tersebut yang tentunya berkaitan dengan jawaban yang diberikan guru  pada batang pohon.



Penasaran ingin mencobanya silakan download di sini dan rubah sesuai dengan keinginan Anda


 

0 Response to "Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Menggunakan "Pohon Matematika""

Posting Komentar