1 Gedung DPR Setara 12 Ribu Gedung Sekolah



Rencana Dewan Perwakilan Rakyat membangun gedung baru senilai Rp 1,8 triliun menuai pro dan kontra. Indonesia Corruption Watch menilai dengan anggaran semahal itu, pemerintah dapat membangun 12 ribu sekolah baru.

"Satu gedung DPR Rp 1,8 triliun sama dengan 12 ribu gedung sekolah baru," kata peneliti ICW, Febri Hendri dalam keterangannya, Rabu 5 Mei 2010.

Menurut Febri, DPR seharusnya lebih memperhatikan kualitas gedung-gedung sekolah. "Banyak sekolah yang rusak dan sudah rubuh," ujarnya.

Atas dasar itu, ICW akan mendatangi DPR untuk mempertanyakan pembangunan gedung baru itu. ICW juga akan menyerahkan foto sekolah-sekolah yang rubuh kepada DPR. "Ini sebagai simbol penolakan pembangunan gedung baru," ujarnya.

Seperti diketahui DPR sudah mengajukan anggaran kepada pemerintah untuk membangun gedung baru. DPR beralasan pembangunan gedung baru ini sangat diperlukan. Karena saat ini jumlah penghuni di Gedung Nusantara I sudah melebihi kapasitas yang seharusnya. Selain itu ada juga yang beralasan gedung itu sudah miring.

DPR menganggarkan pembangunan gedung baru itu akan memakan biaya Rp 1,8 triliun. Untuk tahap awal, sudah disetujui anggaran Rp 250 miliar. (VIVAnews -)